Home » » Macam Macam Teknologi Tepat Guna Sederhana Di Indonesia

Macam Macam Teknologi Tepat Guna Sederhana Di Indonesia

Posted by Andro Flash ROM on Saturday, April 7, 2018

Penggunaan barang bekas dewasa ini banyak dilakukan oleh sebagian masyarakat untuk dijadikan barang yang lebih bermanfaat.

Dengan cara inilah yang akhirnya melahirkan beberapa benda yang bisa lebih bermanfaat yang bisa disebut sebagai teknologi tepat guna. Lalu, apakah teknologi tepat guna dan apa saja benda-benda tersebut? Berikut ulasannya.

Arti Dari Teknologi Tepat Guna
Secara sederhana, teknologi tepat guna ialah jenis teknologi yang didesain dan diperuntukkan bagi kelompok masyarakat tertentu.

Teknologi tersebut dirancang haruslah sesuai dengan berbagai aspek seperti, aspek lingkungan, aspek sosial, aspek kebudayaan, aspek keetisan, aspek politik dan ekonomi masyarakat yang bersangkutan.

Selain habitabel atau sesuai dengan kebutuhan dan keadaan, sebuah teknologi tepat guna haruslah mampu menghemat sumber daya yang ada, mudah dalam perawatan, serta tak mencemari lingkungan jika dibandingkan dengan teknologi arus utama yang umumnya padat modal dan mencemari lingkungan.

Macam Macam Teknologi Tepat Guna Sederhana

Langsung saja berikut kami sajikan contoh-contoh alat teknologi tepat guna yang dapat digunakan dalam bidang tertentu baik bidang pertanian, pengolahan hasil pertanian, makanan, dan bidang-bidang yang lainnya.

Alat Pengiris Bawang Otomatis
skpd.batamkota.go.id
Alat ini berfungsi untuk mengiris bawang secara otomatis.Alat ini menggunakan komponen motorik dan menggunakan listrik PLN 220 volt.

Sangat cocok digunakan untuk usaha warung makan dan usaha kuliner lainnya.

Alat Penyapu Sampah
Gambar asli: Google.com

Alat ini berfungsi untuk menyapu sampah agar lebih mudah dan cepat.

Dengan menggunakan sebuah sepeda yang diletakan disamping kotak mekanis sapu otomatis Inovatif sekali bukan.

Charger Hand Phone Tenaga Surya
skpd.batamkota.go.id

Charger ini berbeda dengan charger biasa dimana charger ini dilengkapi sistem Tenaga Surya untuk mensuplai tegangan listriknya.

Charger ini berguna apabil anda bepergian ke tempat yang tidak ada jaringan listrik PLN.

Alat Pendeteksi Gempa Bumi
skpd.batamkota.go.id

Alat ini berfungsi untuk merekam atau mendeteksi kekuatan gempa bumi alat ini berguna bagi andayang sedang meneliti tentang gempa bumi.

Sistem Penjernih Limbah Cair
skpd.batamkota.go.id

Alat ini berfungsi untuk menjernihkan limbah cair agar menjadi lebih layak digunakan.

Tempat Bertanam Menggunakan Botol Bekas
arsitekjawatengah.wordpress.com

Apabila anda membeli minuman yang memakai botol anda jangan lah membuang botol bekasnya karena botol bekas dapat digunakan untuk membuat hiasan untuk menanam tanaman disekitar rumah anda.

Hiasan lampu menggunakan botol bekas

bisnisukm.com

Hiasan lampu ini menggunakan botol botol bekas yang dirangkai sedemikian rupa sehingga membentuk suatu hiasan yang sangat cantik.

Pengki sampah dari bekas jerigen
edysantoz.blogpsot.com

Dengan ide kreatif sebuah jerigen bekas bisa disulap menjadi pengki sampah yang sangat berguna. Kreatif!

Itulah beberapa contoh teknologi tepat guna sederhana yang di antaranya bisa kamu buat sendiri dengan mudah. Cukup menggunakan beberapa benda bekas dan tak terpakai serta sedikit imajinasi, sebuah alat yang lebih bermanfaat bisa kamu ciptakan.

Jika kamu membutuhkan bahan baku bekas berupa plastik, kamu bisa mendapatkannya di agen jual limbah plastik yang sekarang sudah merambah dunia online dan semakin mudah dalam pelayanan.


0 comments:

Post a Comment

Search This Blog

Popular Posts

Labels

.comment-content a {display: none;}